“Mendunia” dengan SID

Enda Pradana, 20 November 2017 09:29:46 WIB

Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) se-Kabupaten Serdang Bedagai yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Serdang Bedagai dengan Tim Fasilitator dari Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia, gelombang pertama berlangsung selama empathari dari (8–11/11/2017) di Hotel Grand Antares, Medan.

Kegiatan pembukaan Pelatihan dilakukan 8/11/2017, diawali laporan Kadis PMD Dimas Kurnianto, SH (45), sekaligus KetuaPanitia Pelaksana Kegiatan.

“Pelatihan SID belangsung 3 gelombang, pesertadari 75 Desa yang ada di Kabupten Serdang Bedagai. Tiap gelombang terdiri dari 25 Desa, masing-masing Desa mengirim peserta 2 orang. Masing-masing utusan berperan sebagai Operator SID dan Jurnalis Warga”. Demikian dilaporkan Dimas.

“Sebagailandasan regulasi menyelenggarakan pelatihan adalah, Pasal 86,UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pasal 52, PP No 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No 6 Tahun 2004, Permendesa No 22 tahun 2016, Pasal 20 Permendagri No 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa, UU No 14 tahun 2008 tentang KI, dan Perbup Serdang Bedagai No 19 tahun 2016 Tentang Sistem Informasi Desa”. Tambah Dimas.

“Sebelumnya ada 6 Desa di Serdang Bedagai yang sudah menerapkan SID, dalam pelatihan sekarang akan dilatih lagi 75 desa dalam 3 gelombang, paling tidak, pertengahan tahun 2018 akan ada 81 desa di Serdang Bedagai yang menerapkan SID. Hendaknya pada tahun 2019 seluruh Desa di Serdang Bedagai sudah dilatih dan menerapkan SID di Desa masing-masing”. Demikian harapan Wakil Bupati, Darma Wijaya, SE dalam sambutannya saat melakukan pembukaan pelatihan.

“Dengan penerapan SID, diaharapkan Desa-desa yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai dapat mendunia. Karena dengan penerapan SID di Desa, bukan hanya akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, tetapi juga seluruh Informasi tentang Desa akan dapat di akses secara mudah oleh seluruh masyarakat. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia”. Demikian motivasi yang diberikan Wahyudi,  Direktur BITRA Indonesia dalam sambutannya.

Pantauan langsung Jurnalis Warga Desa Firdaus pada pelatihan, Tim Fasilitator Pelatihan dari Yayasan Bitra Indonesia terdiri dari Rusdiana Adi, Iswan Kaputra, M. Ikhsandan, M. Fahri.

Pelatihan SID, gelombang pertama ditutup pada Sabtu 11 November 2017 oleh Kabid Pemberdayaan Dinas PMD Serdang Bedagai, Romian Parulian Siagian, S.TP, M.Si. (Erwansyah/Jurnalis Warga Desa Firdaus)

Artikel Terkini

    Bupati & Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai

gambar

Ir. H Soekirman           Darma Wijaya,SE
Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Periode 2016-2021

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa

Wilayah Desa

Info Media Sosial

FacebookTwitterYoutube